Analisis Input-Output: Perencanaan Sektor Unggulan

 cover1

COver4

Sinopsis

Suatu sektor yang memiliki keterkaitan ke depan dan ke belakang yang kuat dengan sektor lainnya yang dikembangkan di suatu wilayah akan mendorong pertumbuhan pada sektor-sektor lain di wilayah tersebut. Salah satu alat analisis yang dapat dipergunakan dalam menentukan sektor unggulan di suatu wilayah adalah Tabel Input-Output. Tabel Input-Output itu sendiri dapat didefinisikan sebagai uraian statistik dalam bentuk matriks yang menyajikan informasi tentang transaksi barang dan jasa serta saling keterkaitan antar satuan kegiatan ekonomi dalam suatu wilayah pada suatu periode waktu tertentu.

Selain dapat memberikan informasi terkait sektor yang pengaruhnya paling dominan dan peka terhadap pertumbuhan perekonomian nasional/regional, Tabel Input-Output dapat menganalisis (1) komposisi penyediaan dan penggunaan barang dan jasa, (2) dampak permintaan akhir terhadap output, nilai tambah, impor, penerimaan pajak dan penyerapan tenaga kerja di berbagai sektor produksi, serta (3) proyeksi dan evaluasi variabel-variabel ekonomi makro.

Dengan informasi-informasi tersebut, diharapkan pembangunan yang dilakukan dalam suatu wilayah akan menjadi lebih terarah dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut.

 

Comments are closed.